www.klubkicau.com

www.klubkicau.com
Home » » Mengenal berbagai Jenis burung Poksay

Mengenal berbagai Jenis burung Poksay


Burung yang satu ini adalah burung klasik, yang sulit di temukan di era sekarang ini, burung yang berasal dari kelompok Laughingtrush dari keluarga Leiothricidae yang memiliki genus Garullax dan Trochalopteron, pada jaman dahulu burung dari keluarga tersebut sempat moncer di negara kita pada masanya, dan di antara nya yaitu jenis burung Poksay dan Whamei.

Sedangkan dalam spesies burung Poksay sendiri ini memiliki kurang lebih 50 jenis yang tersebar di seluruh dunia, rata-rata dari mereka memiliki ciri khas kicauan yang bersuara tebal, kencang, dan mengalun dengan merdu.Dan pada kesempatan kali ini tim Burung Kicau akan mengulas beberapa di antaranya yang cukup populer.

Inilah Beberapa jenis burung Poksay yang populer:
    1. Poksay Hongkong (Blackthroated Laughingtrush).
    Burung yang memiki nama latin Garullax Chinensis ini dahulu paling ramai di minati oleh para kicau mania karena memiliki gaya tarung yang khas dan juga suaranya yang mengalun dengan sangat merdu.

    Di era sekarang ini sudah sangat langka dan jarang kita temui, mungkin untuk sobat yang memiliki nya di harapkan untuk membudidayakan dengan cara menangkarnya. Dan mungkin hal ini akan memiliki nilai yang sangat tinggi mengingat kelangkaannya di pasar.




    2. Poksay Jambul (White-crested Laughingtrush).
    Burung bernama latin Garullax Leucolopus yang juga memiliki nama  White-crested Laughingtrush ini seperti poksay Hongkong, yakni berasal dari negeri China yang wilayah penyebarannya hingga Himalaya dan Indochina.

    Lain dengan saudaranya, burung ini memiliki suara kicauan yang sangat keras dan juga berisik sehingga membuat rumah serasa di hutan.



    3. Poksay Sumatra (Sumatran Laughingtrush).
    Atau yang memiliki nama latin Garullax Bicolor ini adalah burung endemik dari pulau Sumatra, bentuknya hampir memiliki kemiripan dengan Poksay Jambul, begitupun dengan suara kicauannya.



    4. Poksay Kuda (Rufou-fronted Laughingtrush).
    Burung yang memiliki nama latin Garullax Rufifrons ini adalah burung endemik dari pulau Jawa, namun keberadaannya kini sangat langka dan susah di temukan.



    5. Poksay Mantel (Sunda Laughingtrush).
    Yang juga bernama lain Sunda Laughingtrush ini memiliki nama latin Garullax Palliatus, jenis ini merupakan burung endemik dari pulau Sumatra dan Kalimantan.



    6. Poksay Mandarin (Chestnut Laughingtrush).
    Burung ini memiliki 2 jenis spesies yang terdiri dari Garullax Mitratus yang berasal dari pulau Sumatra dan Garullax Tracheri yang berasal dari pulau Kalimantan, keduanya memiliki postur yang sama namun yang menjadi perbedaannya adalah pada kacamatanya, yang dari sumatra lingkar matanya berwarna putih dan dari kalimantan berwarna kuning.



    7. Poksay Samho (Rusty and Buffy Laughingtrush).
    Yaitu burung yang memiliki suara kicau yang cukup merdu, dan jenis ini terbagi menjadi 2 spesies berdasakan dari wilayah penyebarannya. Yaitu Garullax Poecilorhynchus dari wilayah Taiwan dan Garullax Berthemyi dari daratan China.



    8. Poksay Hitam (Black Laughingtrush).
    Burung bernama latin Garullax Lugubris ini mempunyai suara yang keras dan lantang seperti Poksay Jambul, dia adalah burung yang berasal dari pulau Sumatra.



    9. Lesser Necklaced Laughingtrush.
    Burung yang memiliki nama latin Garullax Monileger ini adalah jenis Poksay yang mungkin tak pernah di temui di alam Indonesia, karena habitat penyebarannya berada di wilayah China, India, Vietnam, Bangladesh, Thailand, Nepal, Bhutan dan Kamboja.



    10. Poksay Kepala Botak (Bare-headed Laughingtrush).
    Mempunyai nama latin Garullax Calvus ini merupakan burung endemik dari pulau Kalimantan, di namakan botak adalah karena pada bagian kepalanya tidak memiliki bulu.



    11.Spotted Laughingtrush.
    Burung bernama latin Garullax Ocellatus ini berbeda dengan yang lainnya yakni meiliki warna bulu yang bercorak, sehingga di sebut dengan Poksay Berbintik. Dan wilayah penyebarannya adalah Myanmar, Bhutan, China, India dan Nepal.



    12. Hwamei atau wambi.
    Burung Hwamei ini adalah termasuk dari keluarga burung Poksay (Laughingtrush), dia terbagi menjadi 2 jenis spesies yakni Hwamei dari China bernama latin Garollax Cannorus dan Hwamei yang dari Taiwan bernama latin Garullax Taewanus.

    Untuk membedakannya cukup mudah, yakni terlihat perbedaan yang mencolok pada bagian alisnya, yang alisnya berwarna putih tegas adalah Hwamei dari China.

    Untuk suara kicauannya sudah tak di ragukan lagi, burung yang sering meramaikan event lomba di era 90-an ini juga di sebut sebagai burung Rocker. Namun sejak adanya larangan burung Import dari China pada awal 2000an membuat burung-burung semacam ini jadi sangat langka.




    0 komentar:

    Post a Comment

    Note: Only a member of this blog may post a comment.