www.klubkicau.com

www.klubkicau.com
Home » » Burung Pelatuk, burung yang unik dan masteran dahsyat

Burung Pelatuk, burung yang unik dan masteran dahsyat


Burung Pelatuk adalah burung yang unik dan kian langka, sesuai dengan julukannya "Wood pecker" karena kebiasaannya yang suka mematuk pohon ataupun kayu dan hebatnya lagi dia mampu mematuk dengan sangat cepat seperti membenturkan kepalanya sebanyak 20 kali /detik.


Ternyata kebiasaan mematuk nya itu adalah untuk menunjukkan daerah kekuasaannya kepada para burung pelatuk yang lain dengan sinyal yang di hasilkan oleh patukannya itu, selain itu burung dari keluarga Picidae ini melakukannya untuk mencari makan seperti serangga atau larva yang ada di balik kulit pohon, dia juga mempunyai lidah yang panjang dan dapat di julurkan keluar sehingga mampu untuk menangkap makanannya dengan lebih mudah.


Paruhnya yang kuat itu juga di pakai untuk membuat sarangnya di pohon, yaitu dengan membuat lubang yang dalamnya bisa mencapai sekitar 45 cm, sehingga sarang telurnya aman dan tidak di ketahui oleh pemangsa.


Setidaknya di seluruh dunia ada sekitar 218 spesies dari burung ini, mereka memiliki kaki yang berbeda dari burung-burung pada umumnya, jika burung yang sering kita lihat memiliki 3 jari di depan dan 1 jari di belakang, burung Pelatuk ini mempunyai jenis kaki Zigodaktil yaitu 2 jari di depan dan 2 jari di belakang yang kuat, sehingga dengan jari seperti itulah burung ini mampu merambat pada pohon atau permukaan secara vertikal.



Uniknya lagi, burung ini mempunyai kicauan yang sangat bagus untuk masteran, yaitu cerecetan yang tajam, rapat dan panjang, seperti tembakan burung cililin..

Nii dia.. salah satu video jenis burung Pelatuk bawang yang gacor..



0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.