www.klubkicau.com

www.klubkicau.com
Home » » Mengenal burung Manyar jantan dan betina

Mengenal burung Manyar jantan dan betina


Burung Manyar adalah burung yang sangat pintar dalam bidang arsitek, yaitu burung pejantan akan membangun sarangnya dengan sangat rapi, unik dan cukup ribet. Karena mereka bersaing untuk membangun sarangnya untuk menarik perhatian dari burung betina, dimana sarang terbaik dialah yang akan mendapatkan pasangan betinanya dan jika sebaliknya maka burung betina enggan untuk berpasangan dengannya.

Burung yang memiliki nama latin Ploceus Manyar ini dulu sering terlihat di area pekarangan sawah dan lain-lain, namun sekarang ini sangat sulit di temukan di alam bebas, karena ramenya perburuan oleh manusia.


Di Asia tenggara, burung yang dalam bahasa inggris di sebut burung Weaver Bird ini ada empat jenis, dan yang ketiga jenis tersebut dapat di temukan di Indonesia, di antaranya adalah :

  • Manyar Tempua.
Ploceus Philppinus jantan dan betina

  • Manyar Jambul.
Ploceus Manyar jantan dan betina

  • Manyar Emas.
Ploceus Hypoxanthus jantan dan betina

Selain itu, burung pemakan biji-bijian yang suara aslinya aneh, melengking, serak dan kadang ga enak di dengar oleh teling. ternyata burung ini juga pintar dalam meniru suara burung lain, khususnya suara burung Kenari, Blackthroat dan Mozambik. Suaranya pun terdengar sangat fasih dan cukup jelas.

Tak jarang pula banyak sobat Burung kicau yang menjadikan burung ini sebagai burung masteran mereka. Karena harganya yang cukup terjangkau dan juga perawatannya untuk burung ini tidak terlalu sulit layaknya merawat burung kenari.




0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.