www.klubkicau.com

www.klubkicau.com
Home » » Mengenal burung Samyong,burung pintar bersuara emas

Mengenal burung Samyong,burung pintar bersuara emas


Apakah sobat Burung kicau sudah tahu tentang burung yang satu ini? Yah namanya adalah burung Samyong atau dalam bahasa inggris di sebut dengan Bare Throated Whistler, burung yang memiliki nama latin Pachycephala Nudigula ini adalah burung endemik asli dari Indonesia yang berada di daerah Nusa Tenggara, khususnya di wilayah pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat dan di pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Orang asli sana menyebut burung ini dengan sebutan Gurigawa yang memiliki arti burung arwah, karena di habitat aslinya mereka hanya mendengar suara kicau dari burung ini tanpa melihat wujud atau bentuk dari burung ini, karena keberadaan burung ini di ranting-ranting pohon yang sangat tinggi, sehingga burung tak kelihatan dan hanya suaranya yang sangat  keras yang hanya terdengar.

Burung ini pun juga di sebut dengan burung 1001 suara karena memang burung ini mempunyai variasi suara yang sangat banyak dan sangat pandai menirukan suara-suara burung ataupun suara lainnya.

Habitat burung yang mempunyai suara bagai petir ini hidup di pepohonan yang tingginya mencapai 10 meter dan berada di 1400 M di atas laut. Burung ini merupakan burung yang suka menyendiri dan mempunyai daerah kekuasaan (teritorial) yang wilayahnya mencakup -+ 500 M.



Ciri-ciri Samyong Jantan:
  • Kepalanya berwarna hitam hingga lehernya.
  • Di bagian leher depan tidak berbulu dan terlihat seperti kantong kulit yang berwarna merah, sehingga mampu menghasilkan suara yang super keras.
  • Sedangkan pada bagian tubuhnya warna bulunya kuning kecoklatan/kehijauan.



Ciri-ciri Samyong Betina:

  • Bagian kepalanya berwarna abu-abu gelap.
  • Di bagian leher depannya tidak memiliki semacam kantong kulit seperti pada jantan.
  • Warna pada bagian tubuhnya berwarna kuning kehijauan.


0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.