www.klubkicau.com

www.klubkicau.com
Home » » Burung Tengkek buto,burung masteran yang kian di buru

Burung Tengkek buto,burung masteran yang kian di buru



Perlu sobat Burung kicau ketahui,bahwasannya burung Tengkek buto ini bukanlah keluarga dari burung Alcedinidae,seperti Tengkek atau Raja udang atau Cekakak atau Pekakak ataupun yang lebih di kenal sebagai Kingfisher.

Burung Tengkek buto atau yang mempunyai nama resmi Tiong lampu biasa (Eurystomus Orientalis) dan sering juga di sebut sebagai Dollarbird ini berasal dari keluarga Coracidae atau burung Roller.Di bandingkan kerabat-kerabatnya seperti burung Tiong lampu ungu (Eurystomus Azureus) yang hanya di temukan di pulau maluku utara,ada juga burung endemik yang hanya dapat di temukan di Afrika yaitu Blue Throated Roller (Eurystomus Gularis) dan Cinnamon Roller (Eurystomus Glaucurus).

Berikut jenis-jenis burung dari keluarga Coracidae (burung Roller):

  • Tengkek Buto / Tiong lampu biasa (Eurystomus Orientalis).
Eurystomus Orientalis
  • Tiong lampu ungu (Eurystomus Azureus).
Eurystomus Azureus
  • Blue Throtted Roller (Eurystomus Gularis).
Eurystomus Gularis
  • Cinnamon Roller (Eurystomus Glaucurus).
Eurystomus Glaucurus

Burung Roller ini mempunyai kicauan yang khas,yaitu tembakan kasar yang panjang yang hampir mirip dari kicauan burung Cililin,namun diantara burung dari keluarga Coracidae,yang paling cerewet adalah burung Tengkek buto (Tiong lampu biasa).Oleh sebab itu burung inilah yang paling di buru untuk di jadikan burung masteran,burung ini sangat cocok untuk masteran Murai batu, Cucak ijo, Pentet dan lain-lain.

Habitat burung Tengkek buto 

Pada tahun 1766 burung ini di temukan di jawa oleh Linnaeus,Namun ternyata burung ini juga banyak di jumpai di beberapa negara seperti di Australia,Afrika,Asia dan lain-lain.

Postur tubuhnya yang sedang atau sekitar 30 cm, bulunya berwarna abu-abu kebiruan gelap, paruhnya pendek tidak seperti raja udang dan warnanya merah saat dewasa dan saat muda berwarna hitam.

Burung ini mempunyai mata yang tajam untuk memangsa ikan kecil, udang dan serangga.Biasanya burung ini banyak di jumpai di pinggir sungai, di pesisir, waduk dan daerah dekat perairan lainnya.Burung ini suka membuat sarang pada pohon yang tinggi.

Berikut video tengkek buto gacor...


0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.