www.klubkicau.com

www.klubkicau.com
Home » » Mengenal beberapa burung Finch yang populer di dunia

Mengenal beberapa burung Finch yang populer di dunia


Apakah sobat Burung kicau sudah tahu burung yang satu ini???
burung import yang mempunyai suara kicau yang indah dan warna bulu yang cantik beragam ini adalah masih satu genus dengan burung pipit / bondol / emprit (jawa).Ternyata yang sering kita temui di persawahan padi seperti burung bondol jawa, bondol cokelat, emprit kaji/peci putih, peking adalah termasuk keluarga dari burung Finch.

Namun kali ini saya akan mengulas tentang burung Finch import yang sangat populer di dunia, burung pemakan biji-bijian ini memiliki ratusan jenis spesies di berbagai dunia. Inilah beberapa burung Finch yang populer itu:


  • Gouldian Finch / Rainbow Finch / Lady Gouldian.
    Burung Gouldian finch atau yang lebih di kenal dengan Lady Gouldian ini adalah burung endemik negara australia, burung yang mempunyai nama latin Erythrura gouldiae ini di anggap sebagai jenis burung finch yang paling indah mempesona dari pada jenis finch yang lain. Karena jenis ini memiliki bulu yang indah dengan warna warni yang eksotis seperti pelangi.
Erythrura gouldiae
  • Zebra Finch.
    Burung ini memiliki nama latin Taeniopygia guttata dan banyak di temukan di Australia tengah dan tersebar di berbagai benua termasuk Indonesia dan timor leste. Burung jenis ini termasuk burung yang sangat mudah di pelihara, karena burung yang sangat lincah ini pada umumnya berumur panjang, yakni mencapai 12 tahun dan sangat mudah di kembang biakkan, dalam habitatnya burung ini suka berkoloni, sehingga sangat menguntungkan jika di pelihara dengan cara koloni.
Taeniopygia guttata
  • Strawberry Finch / Red avadavat / Red munia.
    Di sebut Strawberry karena bulunya berwarna merah tua dengan paduan bintik-bintik putih layaknya buah strawberry untuk burung jantan, sedangkan yang betina berwarna abu-abu ke kuningan dengan sayap kecoklatan dan ada warna merah pada tunggirnya. Burung ini juga mudah untuk di pelihara, dan cocok di kandang koloni. Sebenarnya semua burung finch sangat mudah untuk di pelihara. Habitat burung ini di semak, persawahan, ladang pertanian, padang rumput dan lain-lain.Dan banyak di temui di India, Pakistan, Sri langka, Nepal juga di Cina, indonesia dan Asia tenggara.
Amandava amandava
  • The double barred Finch / Owl Finch / Bicheno's Finch.
    di karenakan memiliki dua kalung hitam, sehingga di namakan seperti itu. Burung yang memiliki nama latin Taeniopygia Bichenovii ini menyukai daerah beriklim tropis, biasa di temukan di semak-semak, padang rumput yang kering dan lain-lain.Burung ini habitatnya di Australia Utara dan Australia timur. 
Taeniopygia Bichenovii
  • Pin Tailed Parrot Finch.
    Burung ini mempunyai nama latin Erythrura Prasina. Dan banyak di temukan di daerah beriklim tropis dan subtropis di hutan lembab, dataran tinggi maupun rendah, di semak-semak dan di ladang pertanian, sekelompok kawanan burung ini mampu menciptakan kerusakan besar pada tanaman padi dan banyak yang menganggap burung ini sebagai burung hama. Mereka tersebar di Asia tenggara. Malaysia, kamboja, Brunei, laos, Indonesia, Myanmar dan Thailand. 
Erythrura Prasina
Masih Ada banyak lagi spesies burung Finch yang ada di jagad raya ini,namun itulah beberapa jenis burung Finch yang cukup populer di dunia.

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.