www.klubkicau.com

www.klubkicau.com
Home » » Perawatan burung saat mabung (moulting)

Perawatan burung saat mabung (moulting)


Bila Ular mempunyai masa untuk pergantian kulit,maka burung pun memiliki siklus pergantian bulu atau banyak sobat burung kicau yang menyebutnya dengan sebutan mabung (moulting).Ini adalah siklus yang  normal dan terjadi pada burung di setiap tahunnya.Jadi bila ada yang bilang bulu burung rontok karena kebanyakan EF tertentu maka itu salah besar..

Pada saat mabung (mouting),burung membutuhkan asupan gizi yang bernutrisi tinggi untuk metabolisme dan kelancaran pergantian bulunya.Dan pada saat inilah burung merasa tidak nyaman, sakit dan membutuhkan ketenangan.

Di butuhkan perawatan extra agar proses mabung dapat berjalan lancar dan berhasil dengan sempurna,karena jika salah perawatan maka burung bisa gagal mabung,bulu gak mau rontok atau gak mau tumbuh,burung sakit hingga burung macet berkicau dan bisa berakibat fatal.


Ada burung yang setelah mabung jadi moncer dan tidak sedikit pula burung yang setelah mabung malah jadi rusak,maka dari itu saya akan berbagi tips pada sobat Burung kicau untuk merawat burung yang mabung.Semoga  dapat membantu,simak saja...

  • Tingkatkanlah EF (extra fooding) dari biasanya,dan beri pakan yang berkualitas untuk menjaga metabolisme pada tubuhnya yang rapuh karena pergantian bulu.

  • Sebaiknya burung di isolasikan atau di tempatkan di tempat yang tenang dan di kerodong,karena di butuhkan suasana yang tenang agar burung dapat menjalankan proses mabungnya dengan lancar.

  • Sebaiknya jangan di mandikan dan jangan pula di jemur.. Karena pembuluh kulitnya sedang rapuh dan sensitif pada saat pergantian bulu barunya.

  • Jangan mengganggu ketenangan burung, sebaiknya membersihkan kandang cukup 3 hari sekali saja.Namun cek ketersediaan pakan dan minumnya.

  • Dengarkan suara-suara master pada burung yang sedang mabung,ini bisa dengan suara master burung asli maupun suara mp3.. Karena pada saat mabung burung tenang dan lebih banyak diam.Dan saat inilah burung lebih fokus untuk mendengarkan suara dari burung master..


0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.