www.klubkicau.com

www.klubkicau.com
Home » » Mengenal perbedaan burung kenari YS, F1, AF, Loper

Mengenal perbedaan burung kenari YS, F1, AF, Loper



Burung imut yang satu ini memang tak pernah sepi dari penggemarnya,buktinya masih banyak Breeder yang membudi dayakan Burung Kenari ini.Jenis Burung kenari yang ramai di dunia perburungan Indonesia adalah hasil silangan yang di beri nama YS, F1, F2, F3, AF, AFS, Lokal, Lokal super. Dan sebagainya.

Namun banyak pula sobat Burung kicau yang belum tahu tentang istilah-istilah tersebut.Oleh sebab itu kami akan membahas arti dari nama istilah tersebut.Sebenarnya nama-nama tersebut adalah nama yang di berikan oleh para breeder sendiri.

Baiklah, mari kita mulai...
  • YS adalah singkatan dari YorkShire,burung jenis ini adalah burung import yang sering di jadikan indukan pokok (utama)  para breeder Indonesia,karena tubuhnya yang besar, tinggi dan panjang sehingga di sukai para breeder dan penggemar burung kenari.

  • Holland adalah burung kenari import,akan tetapi sangat susah membedakan jenis ini,karena di lihat dari segala aspek jenis ini sangat mirip dengan kenari lokal.Namun biasanya di pakein ring dari asal breedernya.
  • F1 adalah Hasil keturunan pertama dari silangan YS (Yorkshire) vs Lokal.
  • F2 adalah keturunan hasil persilangan dari YS (Yorkshire) vs F1.
  • F3 adalah hasil dari persilangan antara  YS (Yorkshire) vs F2.
  • AF adalah hasil persilangan antara F1 vs Lokal.
  • AFS (AF Super) hasil dari silangan F1 vs F1.
  • Loper (Lokal super) hasil dari AF vs lokal.



Untuk membedakannya agak susah karena tidak ada sertifikat untuk burung ini, namun untuk burung import biasanya di bekali dengan Ring import, sedangkan  untuk keturunannya di Indonesia tergantung dari para breedernya mau memakai ring atau tidak.Dan dari Kenari import pun seperti YS (Yorkshire), tidak ada standard pasti (baku) untuk ukurannya, ada yang berukuran besar dan ada pula yang tidak terlalu besar.Jadi untuk keturunannya pun tidak mudah di pastikan.

Hal ini pun sering di manfaatkan oleh pedagang nakal, karena harga yang terpaut jauh antara jenis satu dengan jenis yang lainnya,Jadi untuk memastikannya lebih baik membeli pada breedernya atau paling tidak lihat dulu indukannya agar sobat Burung kicau tidak tertipu.

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.