www.klubkicau.com

www.klubkicau.com
Home » , , » Menangani burung Cendet (Pentet) yang mbayi,mbayeni atau miyik

Menangani burung Cendet (Pentet) yang mbayi,mbayeni atau miyik


Burung predator yang satu ini merupakan burung kicau yang ganas akan tetapi sangat mudah beradaptasi dengan manusia,karena daya adaptasinya yang tinggi burung ini bisa saja menjadi manja pada majikannya,meskipun burung sudah berumur dewasa,akan tetapi bila sifat manjanya ini keluar akan tampak seperti burung yang masih piyik yang merengek-rengek minta makan.atau biasa di sebut oleh Burung kicau lovers dengan sebutan Mbayi, Mbayeni, Miyik'i dan sebagainya.

Mbayeni atau miyik'i ini menjadi momok yang menakutkan bagi penggemar burung pentet atau cendet.Jika burung Pentet sudah seperti ini maka akan cukup merepotkan dan membuat kesal majikannya,karena burung yang mbayeni atau miyik'i ini akan menjadi malas untuk bernyanyi bahkan akan hilang sifat fighternya.

Untuk itu saya akan berbagi informasi tentang cara atau penanganan untuk mengatasi Burung Pentet yang Mbayeni (Miyik'i).


Berikut ini adalah tips cara mengatasinya:
  • Mengasingkan burung untuk sementara waktu.
    Hal ini bisa di lakukan dengan mengkondisikan Full krodong agar burung tidak terlalu sering berinteraksi dengan manusia.

  • Jemur dengan waktu yang lama.
    Di alam liarnya burung ini menyukai cuaca yang panas,dan hal ini bisa membantu menaikkan birahinya tanpa ef dan membuat burung menjadi beringas seperti sifat aslinya yang fighter.

  • Jangan memberikan pakan atau EF lewat tangan secara langsung.
    Karena jika di berikan lewat tangan,akan membuat burung merasa ketergantungan kepada majikan sehingga jika melihat majikannya akan merengek - rengek minta makan.

  • jika perlu biarkan burung pentet lapar dengan tidak memberinaya pakan,lalu berikan unthulan atau burung kecil seperti emprit atau pipit dan masukkan ke dalam kandangnya.biarkan hingga burung kecil di makan lahap.Ini berfungsi untuk mengembalikan sifat aslinya seperti di alamnya yang memangsa burung - burung kecil, kadal, ikan kecil, serangga dan lain - lain.





0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.