www.klubkicau.com

www.klubkicau.com
Home » » Beberapa jenis burung Prenjak yang populer di pasaran

Beberapa jenis burung Prenjak yang populer di pasaran


Dahulu sering kita temui atau kita dengar kicauan dari burung kecil di pekarangan rumah, di perkebunan, di sawah-sawah dan lain-lain.. Bunyi yang nyaring, lumayan keras dan sangat khas.. Dahulu juga kicauan dari burung ini,khususnya jenis prenjak kebun atau prenjak kepala merah atau juga prenjak tilek ini menurut orang tua jaman dulu, jika burung itu berbunyi maka akan ada tamu yang akan datang ke rumah... yah.. percaya ga percaya sih...

Kali ini saya akan mengulas tentang jenis-jenis burung prenjak yang banyak di pelihara oleh sobat Burung kicau di manapun berada.Namun saya sedikit kesulitan karena burung mungil ini mempunyai nama yang berbeda-beda di tiap-tiap daerah.

Burung Prenjak atau Ciblek (jawa) atau Cinenen (sunda) atau Cici (betawi) atau pun yang lainnya ini mempunyai dua keluarga,yaitu keluarga Cisticolidae dan Sylviidae.

Di alam liarnya makanan burung kecil ini adalah serangga-serangga kecil seperti capung, belalang, jangkrik, ulat, laba-laba kecil dan lain-lain...

Berikut adalah jenis-jenisnya yang populer:
  • Prenjak kebun atau prenjak kepala merah atau prenjak tilek.
    Burung inilah yang jika di temui sedang berkicau, maka di percaya memberi isyarat bahwa akan kedatangan tamu layaknya kupu yang masuk ke dalam rumah.

  • Prenjak sawah atau prenjak klik-klik.
    Burung ini sering di temui di pesawahan, padang rumput dan semak belukar.Kicauannya sangat khas yaitu berbunyi klik..klk..klik.. dan bisa berdurasi sangat panjang.Sehingga burung ini di namai dengan prenjak klik-klik.

  • Prenjak Alang-alang.
    Prenjak ini hampir mirip dengan prenjak gunung akan tetapi ukuran tubuh prenjak alang-alang lebih kecil dari prenjak gunung.Karakter suaranya pun hampir sama dengan prenjak gunung cuman mentalnya lebih jago prenjak gunung.

  • Prenjak Cokelat atau prenjak tebu.
    Burung ini sekilas mirip prenjak sawah,akan tetapi ada perbedaan di sekitar dadanya yakni warnanya putih kekuning-kuningan.Sedangkan prenjak sawah dadanya putih bersih.

  • Prenjak Putih atau Ciblek jawa.
    Memiliki warna bulu abu-abu pada bagian tubuh atas,yang di kombinasi dengan dua garis putih di kedua sayapnya,prenjak ini perutnya ada yang warna putih (ciblek kristal),ada juga yang warna kuning (ciblek semi).

  • Prenjak gunung atau Ciblek gunung (cigun).Prenjak jenis ini hanya terdapat di pegunungan sehingga di beri nama prenjak gunung,burung yang mempunyai suara ngerol dan tembakan rapat ini mempunyai ciri rwarna bulu coklat kekuning-kuningan, dengan di domonasi belang-belang di atas kepala hingga ke lehernya.

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.