www.klubkicau.com

www.klubkicau.com
Home » , » Pakan alternatif pengganti kroto (Egg Food)

Pakan alternatif pengganti kroto (Egg Food)


Kroto memiliki kandungan gizi dan protein yang bagus dan sangat di butuhkan oleh burung jenis karnivora atau burung pemakan serangga,khususnya untuk burung tangkapan hutan dan burung yang belum makan voer.

Di jaman metropolitan sekarang ini,banyak pohon-pohon yang di tebangi dengan alasan pembangunan,dan di kota-kota seperti ini susah sekali untuk mendapatkan pakan burung dari telur semut ini (Kroto).Meskipun banyak tersedia toko-toko pakan burung di pinggir-pinggir kota,namun sangat jarang sekali penjual yang menyediakan kroto di tokonya.

Karna kesulitan untuk mendapatkan kroto ini,saya akan berbagi informasi tips untuk sobat Burung kicau lovers bagaimana cara membuat pakan alternatif pengganti kroto yang namanya Egg food,yaitu pakan racikan yang terdiri dari Telur,susu bubuk dan minyak ikan.Namun pakan buatan ini sifatnya hanya untuk sebagai pakan pengganti sementara.Artinya jika tersedia kroto sebaiknya di berikan kroto saja.


Berikut cara membuat pakan burung Egg food:
  • Rebuslah telur sampai matang,lalu buang kulit telurnya dan ambil bagian kuning telurnya saja.Ini bisa menggunakan telur puyuh,telur ayam dan telur bebek.
  • Masukkan kuning telur ke dalam wadah lalu di tumbuk bisa menggunakan sendok hingga merata dan jadi bubuk.
  • Untuk telur puyuh tambahkan dengan 1/2 sendok teh susu bubuk.
    Sedangkan untuk telur ayam dan bebek di tambah dengan 1 1/2 sendok teh susu bubuk.
    Lalu aduklah sampai rata.
  • Campurkanlah 2 sampai 3 kapsul untuk minyak ikannya.Minyak ikan ini bisa di beli di setap apotik.Dan  aduklah semua adonan hingga merata.

Setelah semuanya selesai,pakan Egg food ini besa diberikan pada burung secukupnya,dan sisanya bisa di simpan di dalam lemari es atau kulkas.Tetapi jika mau memberi pakan yang dari lemari es sebaiknya pakan di angin-anginkan terlebih dahulu,agar tidak terlalu dingin untuk di makan burung,karena makanan dingin dapat menggangu pencernaannya.

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.