www.klubkicau.com

www.klubkicau.com
Home » » Mengenal Karakter dan ciri-ciri Burung Murai batu Medan

Mengenal Karakter dan ciri-ciri Burung Murai batu Medan


Jenis burung Murai batu Medan adalah burung Murai batu yang paling di gemari para penghobi Burung kicau di tanah air,karena memiliki fisik,suara,karakter dan gaya tarung yang lebih unggul dari pada burung Mb dari daerah lainnya.

Banyak orang mengira kalo burung MB medan ini berasal dari kota medan,padahal di kota medan sendiri tidak ada habitat burung yang berekor panjang ini.Sebenarnya burung ini berasal dari wilayah Sumatra utara daerah Bahorok,Bukit lawang,gunung leuser hingga sampai ke wilayah Aceh,namun mereka di tampung di kota medan sebelum di pasarkan ke kota-kota lain,pulau jawa,bali,kalimantan dan sekitarnya.

Burung  murai batu jenis medan harganya paling tinggi di bandingkan jenis lainnya,sehingga burung ini banyak di buru dan hingga saat ini MB medan sudah amat jarang di temui dan terbilang langka di habitat aslinya.Maka tak jarang banyak peternak murai batu ini menyilangkan murai batu medan dengan jenis lainnya dengan alasan untuk mendapatkan anakan maurai batu yang bagus.berdasarkan jenis yang beredar di pasaran adalah berasal dari pasaman,aceh,sabang,padang sidempuan hingga malaysia dan lain-lain.


Karakter Murai Batu medan:

Dengan body yang ramping dan memanjang burung Murai batu Medan ini saat bertemu musuh akan berdiri dengan tegap gagah tanpa gembung di perut dan dada,yang sering di istilahkan oleh MB mania dengan sebutan Ndegek,seperti burung kacer yang sedang ngobra.Dengan ekornya yang panjang,burung Mb medan ini berkicau dengan memainkan ekornya yang di sebut oleh para Mb mania  dengan istilah Ngeplay.Gaya tarung Murai batu medan ini sangat exotis dan sedap di pandang mata.



Ciri-ciri Murai ekor Medan:

  • Postur tubuh burung Murai batu jenis medan ini bentuknya ideal,ramping,panjang seperti atletis.
  • Warna hitam pada tubuhnya mengkilap kadang seperti ke biru-biruan.
  • Ekornya tipis dan lentur,panjangnya bisa mencapai 19 cm hingga 26 cm dan yang banyak di sukai para Mb lovers adalah ekor melengkung.
  • Motif ekor pada ke empat pasang ekor putihnya ada belahan dengan warna hitam tegas secara horisontal,yang membentuk seperti huruf U ada juga V dan ada juga seperti huruf W.
  • Warna kaki relatif tergantung asal habitatnya,namun banyak yang mempercayai kalo kaki hitam mentalnya lebih bagus,tetapi kebenarannya adalah tergantung dari karakter burung itu sendiri.
Ekor membelah secara horizontal





0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.