www.klubkicau.com

www.klubkicau.com
Home » » Burung Tledekan Gunung dan Tledekan Laut

Burung Tledekan Gunung dan Tledekan Laut


Seiring berjalannya waktu,burung tledekan ini mulai di pandang sebelah mata,artinya mengalami penurunan peminatnya.Mungkin hal ini terkadi di karenakan burung ini tidak lagi terdaftar di even-even  lomba burung kicau.

Burung yang masih keluarga dari burung sikatan (flycather),ini sebenarnya mempunyai banyak kelompok dan jenis di berbagai negara.Namun saya akan membahas burung Tledekan (TL) yang berada di tanah air ini.

Perlu sobat Burung kicau tahu.Di indonesia burung ini terdiri dari dua kelompok.Yaitu burung Tledekan gunung dan burung Tledekan laut.

Untuk Tledekan Gunung sendiri terdiri dari dua macam:

  • Tledekan Cacing
    Atau biasa di sebut para burung kicau lovers dengan Tledekan jawa.Padahal di pulau kalimantan juga sering di temui keberadaan burung ini.Untuk jantan bagian tubuh atas warnanya biru tua,leher dan dada warnanya oranye,bawah perut warnanya putih,sekitar mata dan pipinya hitam,dahinya berwarna biru muda.Sedangkan betina jelas berbeda dari jantan yakni warna tubuhnya kecoklatan.

  • Tledekan Bakau
    Burung jenis ini juga biasa di namai Tledekan kalimantan,namun burung ini juga bisa di temukan di sulawesi,sumatra dan jawa.Burung jenis ini hampir mirip dengan TL cacing,tetapi jika di lihat dengan jeli,pada leher hingga perutnya mempunyai warna oranye atau merah bata lebih tegas,warna dahinya tetap biru tua.Sedangkan betina tubuh bagian atas warnanya birunya agak gelap atau kusam,antara mata dan paruh ada bercak putihnya.


Burung Tledekan laut juga terdiri dua jenis:

  • Tledekan biru putih
    Burung jenis ini sebetulnya bukan asli dari indonesia,akan tetapi burung migran negara-negara tetangga.


 Tledekan biru (selendang biru)
  • Burung yang banyak di temui di pulau jawa,kalimantan dan sumatra.



0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.