www.klubkicau.com

www.klubkicau.com
Home » » Burung yang eksotis Murai batu (White rumped shama)

Burung yang eksotis Murai batu (White rumped shama)


Burung murai batu ini tak pernah turun pamornya,burung fighter yang mempunyai nama latin Copychus malabaricus atau si ekor panjang  ini selalu menjadi burung favorit para kicau mania.Kicauannya yang bervariasi dan merdu mampu menggetarkan dada.Dan juga ekornya yang panjang terurai membuat burung ini enak sekali di pandang mata.Maka tak heran burung ini di bandrol dengan harga yang cukup tinggi..

Burung ini mempunyai karakter yang berbeda-beda dari masing-masing daerah asalnya.khususnya di indonesia tersebar di bagian sumatra,kalimantan dan jawa.meski karakter daerah asal berbeda,namun burung murai batu ini mempunyai bulu warna dan bentuk fisik yang hampir sama.Sehingga penuh kontroversi  untuk membedakan asal daerah burung di pasaran.Karena burung dari daerah masing-masing mempunyai sesilih harga yang cukup tinggi.Sehingga tak sedikit pedagang yang memanfaatkan  kecurangan ini.

Berikut sekilas murai batu yang ada di indonesia ini:

1.Murai batu medan.
daerah penyebarannya sampai ke bahorok,bukit lawang,hinggga kaki gunung leuser di wilayah sumatra utara. panjang ekor mencapai 26-30 cm.
murai ini adalah jenis yang paling unggul di kelasnya,karena selain posturnya yang paling ideal,ekornya yang panjang juga gaya tarungnya yang mengesankan dengan memainkan ekornya atau di kenal dengan istilah ngeplay.Suaranya yang sangat kristal dan mampu menampung isian banyak sehingga mempunyai variasi lagu yang panjang dan keras.


 











2.Murai batu Aceh
Penyebarannya di daerah kaki gunung leuser,sabang,lampuyang dan sekitarnya.panjang ekor sekitar 24-30 cm.
burung ini memiliki postur,gaya tarung dan kemampuan yang hampir sama dengan medan,mungkin karna daerah penyebarannya yang berdekatan dengan medan.














3.Murai batu Nias.
daerah penyebarannya di kepulauan nias,mentawai,sinabang dan sekitarnya.panjang ekor bervariasi ada yang pendak ada juga yang panjang 16-25cm.di sebut juga Blacktaill karena ekornya yang hitam polos,namun ada juga yang keluar putih-putih tipis di ujung ekor hitamnya hal ini oleh para kicau lovers menyebutnya dengan sebutan balak.kemampuan burung ini sama seperti yang dari aceh.











4.Murai batu Jambi
Penyebaranya di wilayah sumatera utara,bengkulu.Panjang ekor 16-24cm.
Kemampuan kicau hampir sama dengan murai medan.










5.Murai batu Lampung.
wilayah penyebarannya di sekitar krakatau.panjang ekor 14-20 cm.
karakter hampir sama dengan jambi namun ekor burung ini lebih pendek dan ukuran tubuhnya lebih kecil.














6.Murai batu Banjar (kalimantan)
tersebar di daerah kalimantan timur dan kalimantan selatan.panjang ekor  10-12 cm.
Ekornya pendek dan tubuhnya lebih besar di banding murai lainnya.
mempunyai suara kicau yang keras,tetapi ngeban (di ulang-ngulang) dan nafasnya tidak se bagus murai dari sumatra.gaya tarungnya gembung kaya bola.













7.Murai baru Palangka (kalimantan)
Tersebar di wilayah kalimantan tengah dan kalimantan barat.Panjang ekor 14-18 cm
memiliki postur seperti murai jambi,ekornya cukup lumayan panjang dan semakin melebar atau agak mekar.namun mempunyai gaya tarung semi (gembung tapi tak se parah banjar).











8.Murai batu mahkota (kalimantan)
penyebaranya di area kalimantan barat,kalimantan utara(malaysia).Panjang ekor 10-12 cm
murai ini seperti sepupunya yang dari banjar namun ada ciri khas nya yaitu di kepalanya ada warna putih,sehingga di juluki murai mahkota.




9.Larwo (murai batu jawa)
dari jawa tengah,jawa timur dan jawa barat.Panjang ekor 8-10 cm.
Ukuran tubuhnya lebih kecil di bandingkan dengan murai lainnya.namun keberadaanya sekarang ini sudah amat sangat jarang di temukan.mungkin burung ini sudah punah.











0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.