www.klubkicau.com

www.klubkicau.com
Home » » Burung Kapas tembak (Tukang ngebrem)

Burung Kapas tembak (Tukang ngebrem)


Burung kicau ini jika di lihat sekilas tampak seperti burung Cucak jenggot,untuk membedakan nya,burung Kapas tembak ini jambul dan jenggotnya tipis tidak setebal burung cucak jenggot,burung ini mempunyai bulu dada putih ke abu-abuan,dan bulu keseluruhan dominan abu-abu gelap.Sedangkan untuk burung Cucak jenggot bulu di dadanya cenderung putih ke kuning-kuningan dan keseluruhan dari bulunya berwarnya coklat.

Burung dari keluarga Pycnonotidae Kicauannya pun hampir sama,akan tetapi kapas tembak mempunyai suara yang lebih kasar dan tajam,sebenarnya burung ini pun bukanlah burung yang bertype fighter,namun burung ini akan marah jika merasa terganggu mislanya ada burung lain yang mendekati daerah teritorialnya.yakni dengan mengeluarkan suaranya yang khas dengan tembakan yang rapat,kasar dan tajam.. sehingga sangat cocok sekali untuk memaster burung lain seperti Murai batuPentetCucak ijoKacer dan lain-lain.. karena yang paling unggul dalam penilaian perlombaan sekarang ini adalah tonjolan tembakan dengan speed yang rapat.maka burung burung sangatlah cocok untuk di jadikan master.


Selain burung yang sering di pakai untuk mastering,burung ini pun sudah banyak di perlombakan.sehingga harga burung inipun naik daun.Seperti halnya burung Cucak jenggot,burung ini juga pemakan buah-buahan.

Untuk membedakan jenis kelamin dari burung ini  sama halnya seperti cucak jenggot,yakni:

  • Memiliki postur tubuh yang lebih besar dan simetris.
  • Dapat mengeluarkan suara isian,seperti kacer poci murai batu dan lain-lain.
  • Tidak ngeleper saat di adu dengan burung lain.
  • Postur bodynya lebih kecil dari yang jantan.
  • Suaranya lebih cenderung tembakan.makanya burung betina ini yang sering di jadikan master dan
    yang sering buat lomba.
  • Sebagian besar dari burung ini sayapnya
    akan ngeleper saat di  trek dengan burung lain.


0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.