www.klubkicau.com

www.klubkicau.com
Home » » Burung Kacer (Magpie Robin),Jantan dan betina

Burung Kacer (Magpie Robin),Jantan dan betina


Burung Kacer ini adalah burung yang bertype petarung seperti halnya burung cendetmurai batuTledekan dan lain-lain.. Burung yang mempunyai nama lain Magpie robin ini mempunyai gaya tarung yang sangat memukau yaitu dengan gaya teler,kepala ke atas,sayap jatuh dan ekornya di buka sambil berkicau dengan lantang dan merdu.para kicau mania menyebutnya dengan gaya ngobra,ada juga yang menyebutnya gaya stevie wonder.

Namun ada juga kacer yang mental atau birahinya kurang bagus.yaitu dengan gaya mengembangkan bulu perut dan dadanya saat melihat lawannya.dan ini biasa di sebut oleh pecinta burung kicau dengan sebutan gaya mbalon,mbagong ataupun nguda laut.

Di indonesia ada 2 jenisnya.yaitu kacer hitam yang biasa di sebut dengan kacer lokal(jawa) dan satunya adalah kacer poci atau sekoci.tetapi akhir-akhir ini ada jenis kacer semi dari daerah jawa timur biasa para kicau mania menyebutnya kacer tretes.

  • Adapun kacer hitam yang bernama latin Copsychus Sechellarum ini seluruh bulunya hitam dan ada garis putih di sekitar sayapnya.

  • Sementara burung kacer poci yang punya nama latin Copsychus Saularis ini warna bulunya sama seperti kacer hitam,namun pada bagian perut sampai ke dada warna bulunya putih.

  • Dan kacer semi sama seperti hitam namun ada bintik-bintik putih di bagian perutnya.


Membedakan jantan dan betina:

Pada usia dewasa tentu akan sangat mudah di bedakan,yakni jantan warna hitam pada kepala dan leher dadanya sangat kontras atau hitam pekat dan mengkilat.sedangkan yang betina warna hitamnya agak kusam,semu dan tampak ke abu-abuan.

Di butuhkan kejelian untuk membedakan kelamin pada usia trotol,karena warna bulu pada usia ini jantan dan betina sama-sama masih agak kusam,namun jantan kelihatan lebih tegas.maka untuk lebih memastikan.pada jantan akan ada sedikit warna hitam tegas seperti noktah hitam disekitar kepala atau dadanya.


0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.