www.klubkicau.com

www.klubkicau.com
Home » » Burung Cucak ijo (Burung pintar yang pelupa)

Burung Cucak ijo (Burung pintar yang pelupa)


Burung yang mempunyai nama latin Chiropsis Sonnerati ini mempunyai kicau yang sangat merdu.burung ini sangatlah pandai dalam menirukan suara burung lain,namun di balik kepintarannya burung ini mudah lupa akan materi lagu yang pernah di bawakannya.itulah kelemahan dari burung ini.Dan juga jangan sekali-kali mengangetkan atau membuat terkejut pada burung ini saat tidur,karena hal itu dapat membuat burung shock,tidak bisa bernafas bahkan hingga  berujung pada kematian.

Burung yang mempunyai dominan warna hijau ini habitatnya menyebar di semenanjung malaya,sumatra,kalimantan,jawa dan bali.Burung Cucak hijau ini menyukai area hutan lebat di dataran yang rendah hingga perbukitan yang berketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut.
Meskipun hidupnya di hutan,burung ini terbilang sangat mudah beradaptasi dan mudah jinak.

Yang paling banyak di minati dari burung ini adalah yang berasal dari jawa timur.Padahal kualitas burung itu tergantung dari body,suara dan mental burung itu sendiri,bukan dari daerah asal.

Ciri Cucak ijo berdasarkan daerah:

  • Kalimantan: warna hijau pada bulu tubuhnya terlihat terang seperti hijau ke kuning-kuningan.
    tubuhnya relatif ada yang berukuran kecil dan besar. 
  • Sumatra: Pada umumnya mempunyai warna kuning di sekitar dahi (kepala) nya.Sehingga biasa di sebut dengan Cucak ijo kepala kuning.
  • Jawa timur: Warna hijau pada bulu tubuhnya agak kebiru-biruan (hijau kusam).Tetapi ada juga yang warnanya hijau terang pada saat muda.Namun  lama kelamaan seiring tambah usia,warna bulu burung ini akan menjadi kusam kebiru-biruan atau gelap.


 Adapun cara membedakan Cucak ijo jantan dan betina:
  • Untuk burung dewasa sangatlah mudah dalam membedakannya,yaitu jantan memiliki noktah hitam pada sekitar leher hingga mukanya.para burung kicau lover biasa menyebutnya dengan istilah Topeng.Sedangkan untuk betina lehernya tetap kuning.



Burung cucak ijo usia trotol cukup susah untuk membedakannya.namun ada beberapa tips yang mungkin bisa membantu.
  • Jika lingkaran alis pada matanya berwarna kuning itu adalah jantan,dan putih untuk betina.


  •  Di paruh bagian bawah berwarna hitam atau coklat tua itu adalah yang jantan.dan betina warnanya putih. 


  • Jika umur burung sudah 4 bulan sampai 6 bulan,maka warna kuning pada leher sudah mulai keluar bulu bercak-bercak hitam.sedangkan betina tetap kuning.




0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.