www.klubkicau.com

www.klubkicau.com
Home » » karakter burung Cendet dan aneka jenisnya

karakter burung Cendet dan aneka jenisnya


Burung ini adalah burung predator kecil yang sangat pandai menirukan suara burung lain hingga suara jangkrik, tokek, kucing, ayam, sirine dan lain-lainnya.. Burung Cendet  ini merupakan burung type fighter,karena sifat petarungnya dan kicaunya yang khas,burung yang mempunyai nama latin Laniidae Shrikes ini sudah mulai ramai di ajang perlombakan di setiap daerah.


Burung unik ini juga biasa di namai pentet ,toet, jentet atau tem,tergantung dari daerahnya.Kalo di daerah saya namanya Pentet,ntah kalo di daerah sobat Burung kicau.Burung Pentet ini termasuk burung yang mudah beradaptasi,bisa manja bahkan bisa menjadi beringas..
ini adalah beberapa karakter dari burung ini:
  • menjadi galak atau beringas dan sangat agresif bila burung merasa lapar.
  • burung type fighter (petarung) yang mempunyai daerah teritorial,sehingga akan teriak dengan lantang dan keras bila ada suara ataupun burung lainnya.
  • mempunyai tingkat birahi yang tinggi dan mudah naik.ini bisa di sebabkan oleh EF(Extra Fooding) yang berlebihan,atau penjemuran dengan tempo yang lama.
  • Kendati burung ini ganas,namun ada sifat manja di balik sifat beringasnya. 


Membedakan jantan dan betina

perlu pengamatan yang jeli untuk mengetahui jenis kelamin dari burung ini,untuk jantan biasanya blok hitam pada area sekitar pipi dan mata warnanya tegas dan mencolok.sedangkan untuk betina warna hitamnya kelihatan kusam atau semu.bila di amati pada seputar kepalanya,jantan mempunyai kepala yang ceper atau datar,dan betina kepalanya agak membulat atau bunder.untuk bagian supit ini,supit jantan kecil dan ada corak garis yang tidak beraturan.dan yang betina sebaliknya.

Macam-macam burung Cendet yang ada di dunia

 Lanius Sphenocercus (Chineese grey Shrike)

Lanius Vittatus (Bay backed Shrike)

 Lanius Excubitor (Great grey Shrike)

 Lanius Cabanissi (Long tailed fiscall)

Lanius Excubitoroides (Grey backed fiscal)

Lanius Ludovisianus (Logger head shrike)

Lanius Dorsalis (Taita fiscall)

 Lanius scach (Long tailed Shrike)

 Lanius tephronotuss (Grey backed Shrike)

Lanius Collaris (Common Fiscal)



0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.